Komposisi Ituuuu

1376088_663585173659540_1173659458_n

Pertanyaan yang pertama keluar pasti, apa itu komposisi ?
Singkatnya, komposisi itu memilih objek mana saja yang akan dimasukan dan dikeluarkan dari frame.

Belum jelas ?
Ok, kita asumsikan komposisi dalam fotografi sebagai racikan dalam memasak/membuat makanan ataupun minuman.

Siapa yang tidak suka meminum jus. Racikan yang enak pasti memasukan buah yang sudah bersih, air, gula, es batu, atau tambahan lainnya seperti madu. Pasti rasanya enak, menyegarkan, dan sehat. Apa jadinya kalau didalam jus itu dimasukan garam ? Ah, sudah jelas rasanya jadi tidak karuan, walaupun yang paling banyak porsinya adalah buah.

  • Begitu juga dengan fotografi, kita harus jeli dan cermat dalam memasukan objek dengan berbagai macam tambahan yang lain, seperti background, framing, angle, timing, dsb. Untuk dimasukan ke dalam frame foto. Sehingga menghasilkan foto yang enak dipandang oleh mata. Apabila kita asal, ataupun salah dalam memasukkan sesuatu kedalam frame. Maka akan menghasilkan foto yang biasa saja, atau bahkan jelek.
    Pada intinya, yang menjadikan foto itu bagus atau tidak, adalah komposisi yang kita masukan. Tak peduli alatnya apa atau objeknya apa, kalau sang fotografer cermat, maka akan menghasilkan foto yang indah. Jelas ? Kalau belum jelas, makanan atau minuman itu akan terasa enak, bukan karena panci, kompor, alat masak, atau lainnya. Tetapi memang karena kokinya yang hebat. Bukan juga karena, bahan masakan dan minuman yang mahal, buktinya tempe saja enak. Hehehe

 

About nafi

Panggil saja Piul. :) Lahir 5 Juni 1992, di kota Tegal dari rahim seorang Ibu yang sangat cantik seperti bidadari, yang selalu dilindungi oleh seorang ayah yang hebat layaknya Malaikat dalam hidupku. Nafiul Mualimin sebagai nama dan doa yang mereka berikan padaku... Kata an-Nafi (asmaul husna - yang memberi manfaat) dan Mualim (orang mukmin yang berilmu). Menjadi orang yang bermanfaat dalam ilmu merupakan tujuan saya hidup didunia ini !

Posted on April 8, 2014, in Artikel, Jurnalistik, Photography and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: