Marketing Mix [Product, Price, Promotion, and Place]

Kemarin dapet tugas dari mata kuliah Kewirausahaan untuk membuat usaha untuk dijadikan sebagai Tugas Akhir mata kuliah tersebut. wuih, saat itu tak bisa tipu2 mengenai bisnis boongan (karena dulu temanku pernah bikin usaha bohongan untuk matkul yang sama). Sekarang dosennya beda, dan saya respect dengan dosen yang satu ini, gak mau saya maen tipu-tipu. hehehe Langsung saja capcus, pinjam buku manajemen di perpus, ciaaat, dapet deh 2 buku. Yang pertama buku tentang study kelayakan bisnis dan cara menjual. wuih, ternyata pusing bukan main, semuanya tulisan-tulisan mutar-muter yang intinya sama, sering saya membacanya di skip2 gak jelas. beda jauh kalau lagi baca novel keren… :p

Tapi dari kedua buku yang saya pinjam itu, cuman materi marketing mix, yang kayaknya jangan ditinggalkan, makanya saya ringkas dan di posting disini. Biar kalau membutuhkan tinggal, klik blog sendiri. hehehe

Bauran pemasaran biasanya dikenal dengan istilah 4P (Product, Price, Promotion, dan Place). ini konsep yang paling mendasar yang harus diketahui. Produk, harga, promosi, dan tempat adalah serangkaian konsep dasar yang tidak boleh dipisahkan.
PRODUK
     Bagaimana mungkin kita bisa berhasil jika kita menjual sesuatu yang tidak dibutuhkan konsumen. Apa yang kita jual itu harus dipastikan dulu apakah dibutuhkan orang lain atau tidak. Adakah benefit yang diberikan produk tersebut kepada orang lain. Kalau tidak, jangan dijual.
    Sebagai langkah awal, minimal produk itu memiliki peluang untuk dibutuhkan. Dalam arti yang lebih spesifik: dipergunakan. Tidak cukup sampai disitu saja. Meski apa yang kita jual itu dibutuhkan orang lain, kita juga harus mengemasnya secara baik dan menarik. Kita harus memberikan nama (merek) untuk produk kita. Dengan deminikian bisa dikenal.
     Adanya merek cukup ? rasanya tidak. Kita harus mengemas produk tersebut dalam arti packaging.
HARGA
     Ada enam cara menetapkan harga jika kita bingung harus menetapkan harga jual atas produk yang kita pasarkan. Tentu masih ada banyak cara lainnya lagi yang kalau mau bisa kita tambahkan. Keenam cara tersebut adalah:
  1. Penetapan harga atas biaya produksi
    Artinya penetapan harga jual yang kita kenakan atas produk tergantung kepada seberapa besar biaya yang telah kita keluarkan dalam memproduksi atau mendapatkan produk tersebut. Untuk mendapatkan perhitungan cost yang benar-benar tepat perlu kejelian, sebab dalam dunia bisnis dikenal overhead cost.
    Overhead cost adalah segala biaya yang terjadi atas pengadaan sebuah produk. Tetapi biaya ini tidak termasuk ke dalam komponen produk.
  2. Penetapan harga mark up
    Penetapan harga mark up ini, kita tidak perlu lagi menghitung secara detail komponen biaya atas pengadaan atau pembuatan detail komponen biaya atas pengadaan atau pembuatan sebuah produk. Apalagi sampai menghitun overhead cost. Yang perlu anda tetapkan adalah menetapkan berapa margin keuntungan yang ingin anda peroleh.
  3. Penetapan harga mengikuti pasar
    Kalau penetapan harga mengikuti pasar, tergantung dari jenis dan dimana tempat kita memulai usaha. Adakan survey kecil-kecilan untuk mendapatkan harga yang cocok di pasar.
  4. Penetapan harga di atas pasar
    Kata orang, “Harga mencerminkan kualitas”. Sebagian orang berpikir demikian. Dengan demikian kalau kita berani, kita bisa menggunakan strategi ini.
  5. Penetapan harga skimming
    Penetapan harga skimming berarti ketika pertama kali kita pasarkan produk kita, kita kenakan harga tinggi. Tinggi disini tidak berarti harus lebih tinggi dari pesaing lainnya. Bisa saja harga normal atau sama dengan yang lain. Tinggi maksudnya adalah harga pertama pasti lebih tinggi dari harga selanjutnya.
    Setelah itu tahap demi tahap atau perlahan-lahan kita mulai menurunkan harga jualnya. Perusahaan yang cerdik biasanya akan memasuki pasar pertama kali dengan harga yang tinggi agar mendapatkan persepsi dari masyarakat bahwa produk mereka bagus, mereka mulai mengeluarkan produk berikutnya dengan harga yang lebih murah. Bagaimanapun juga produk kedua dan seterusnya tersebut harganya mutah memang karena mutunya kalah jauh dari produk yang pertama. Perusahaan bisa saja menerapkan strategi ini ketika dirinya mengetahui bahwa harga adalah sesuatu yang sangat sensistif di pasar.
  6. Penetapan harga imbal hasil
    Penetapan harga imbal hasil artinnya memperhitungkan seberapa lama modal yang dibutuhkan bisa kembali. Setelah kembali mungkin harga jualnya bisa diturunkan perlahan-lahan.
PROMOTION
     Masih seputar marketing mix: produk yang baik, nyata manfaatnya, dikemas secara menarik, dan harga yang pas jika tanpa melakukan promosi, bagaimana masyarakat bisa tahu ? Bagaimana konsumen bisa menanyakan produk tersebut ke toko ketika mereka membutuhkan ? Tentu tidak bisa bukan ? Karena itu, diperlukan usaha promosi minimal di awal produk tersebut diperkenalkan di pasar. Promosi bersifat wajib.
     Promosi tidak semata-mata berbicara mengenai iklan di televisi atau radio tetapi masih banyak alternatif lainnya. Ada yang disebut bauran promosi (promotion mix). Apa saja yang bisa kita lakukan agar orang lain mengetahui produk atau perusahaan kita itu bisa dikategorikan sebagai unsur promosi. Ini berarti bisa saja spanduk, balon, reklame di jalan raya, internet, iklan koran, public relation, kunjungan sales, pameran, sponsor acara-acara tertentu dan sebagainnya.
     Malah untuk produk-produk tertentu yang sebenarnya gagal di pasar tetapi iklannya diubah dan ditata dengan apik justru bisa memenangkan pasar. Kita bisa lihat di televisi terdapat produk yang menjadi sedemikian laris hanya karena iklannya diganti
PLACE
     Place bisa berarti dua hal. Pertama tempat berjualan dan kedua saluran distribusi. Lebih spesifik bisa diartikan display. Yaitu usaha pemajangan produk di suatu wilayah atau toko.
     Kita punya produk yang baik, dikemas menarik, harganya pas, dan promosi sudah mengenai sasaran. Banyak konsumen mencari produk kita bahkan tergila-gila. Namun sayang, produk kita tidak ditemu di sejumlah tempat. Ini juga sia-sia. Karena itu, untuk sukses di sebuah pasar, sebisa mungkin produk tersebut juga harus bisa dijangkau semua konsumen. Apalagi ketika promosi yang kita lancarkan sudah menyentuh seluruh lapisan masyarakat di seluruh pelosok. Usahakan sebiasa mungkin produk juga hadir di sana. Kalau tidak, bisa saja pesaing lain yang mengambil keuntungan. Ini kalau kita melihat dari sudut pandang distribusi (penyaluran produk).
     Membangun saluran distribusi merupakan kendala tersendiri. Diperlukan armada yang besar (modal) untuk bisa menjangkau konsumen di seluruh penjuru nusantara yang berbentuk kepulauan ini. Tetapi kalau kita mau melakukan kerjasama dengan perusahaan yang khusus menangani pendistribusian seperti ini, distribusi yang merata bisa saja dilakukan. Selalu ada perusahaan yang berspesialisasi dalam usahanya. Inilah yang disebut dengan outsourching yang akan kita bahas juga.
===============
Itu aja sih, walaupun di internet banyak, dan ada juga yang tipsnya sampe 7p, tapi 4p ini saja cukup, untuk pebisnis pemula. Jangan terlalu jauh, berfikirnya, nanti malahan gak jadi… hahahaha

About nafi

Panggil saja Piul. :) Lahir 5 Juni 1992, di kota Tegal dari rahim seorang Ibu yang sangat cantik seperti bidadari, yang selalu dilindungi oleh seorang ayah yang hebat layaknya Malaikat dalam hidupku. Nafiul Mualimin sebagai nama dan doa yang mereka berikan padaku... Kata an-Nafi (asmaul husna - yang memberi manfaat) dan Mualim (orang mukmin yang berilmu). Menjadi orang yang bermanfaat dalam ilmu merupakan tujuan saya hidup didunia ini !

Posted on Desember 19, 2013, in Artikel, Buku, Writing and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: