Masa depanku – sebuah cinta, tentang pengabdian

Lama nggak nulis di blog, untuk kali ini saya nulis yang ringan-ringan saja. curhat ! hahaha

sebuah cinta, tentang pengabdian judulnya dan ini bersangkutan dengan masa depanku (bukan bermaksud meramal). Masa depanku disini adalah, jenjang pendidikanku selanjutnya (setelah lulus dari S1 Teknik Elektro), dan sebelumnya mari kita flashback kemasa-masa galauku dulu… seeeeet….>>>

Mungkin saya masih ingat dulu, saat semester 2 ada yang namanya kegalauan kuliah di Elektro UII, nggak betah, nyesel dan semua bercampur menjadi satu dan membentuk sebuah kesimpulan: saya pengin keluar dari Elektro, dan pengin pindah di Ekonomi. Ya karena pada saat itu, saya pengin menjadi seorang ekonom. hmmm, tapi, gagal. Langkah itu tak direstui oleh orangtuaku, menyesal–sangat. Tapi apa boleh buat, dulu saya menentang permintaan orangtua untuk mendaftar di pelayaran dan saya menolak, dan ini akibatnya saya menolak permintaan orang tua saya, maka untuk kali ini saya menurut. Tapi itu tak menyurutkan saya untuk bisa kuliah di Ekonomi.

Saya bikin kesimpulan lagi, sebuah rencana untuk masa depanku. Saya akan melanjutkan pasca sarjana saya di Ekonomi, dengan gelar pertama sebagai sarjana teknik–itu satu tahun yang lalu. Sedikit memberikan motivasi kepada saya untuk lebih serius kuliah ! terbukti semester 3 IP saya 3 lebih, 2 kali lipat dari IP saya disemester 2 yang NASAKOM (Nasib Satu Koma), hmmmm (jadi senyum-senyum sendiri, hahaha).

Selain itu mulai saat itu, saya rajin kuliah dan rajin dalam ber-organisasi yang dulunya anti ! anti banget ! seperti anak yang menemukan ibunya, saya seperti kecanduan dengan dunia aktifis, pengabdian untuk rakyat. Saya bergabung dengan 3 organisasi, 1 organisasi jurusan (HMTE – Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro), 1 lembaga Kampus (LPM HIMMAH – Lembaga Pers Mahasiswa) dan organisasi daerah (KOMBES – Komunitas Keluarga Mahasiswa dan Pelajar Brebes Selatan Regional Yogyakarta) kebetulan disini (KOMBES) saya jadi ketua umum. Paling aktif, saya di KOMBES, saya jadi lebih mengenal daerah asal saya, Brebes Selatan. Hidupkupun terbagi menjadi 2, antara kehidupan kampus (akademi) dengan kehidupan organisasi. Alhamdulillah, saya tidak mengurusi masalah asmara yang biasa anak muda kerjakan😀

Mulai melupakn visi, melanjutkan pascasarjana ekonomi di UGM (niatnya) dengan jurusannya Ekonomi Syariah.

Cinta, mungkin itu adalah suatu kata yang tak asing ditelinga kita semua. Cinta adalah sebuah komitmen, sebuah perngorbanan, perjuangan dan dedikasi. Itulah cinta yang saat ini berkembang, pada cintanya saya kepada masyarakat Brebes Selatan, tempat dibesarkannya saya. Apalagi, saat ini (2012-2013) Brebes Selatan (Bumiayu) ingin mengajukan sebuah permintaan untuk memisahkan diri dari Kabupaten Induk dan menciptakan Daerah Otonomi Daerah baru, atau sering dipanggil Pemekaran. Semakin tambah rasa ini, rasa ingin berjuang, walaupun kata itu masih (sangat) terlalu jauh untuk saya ucapkan. Dari sinilah, saya mulai merangkai ulang, masa depan akademik saya… ceeek >

Akhirnya saya menemukan masa depan akademik saya, yaitu Universitas Jendral Soedirman Purwokerto, Banyumas. Dekat dengan Brebes Selatan, bahkan lebih dekat dari pada kabupaten Brebes yang jaraknya 77 KM dari Bumiayu. -.- Herannya, visi misi dari program study ilmu ekkonomi pasca sarjana UNSOED, pas mantap dengan apa yang ingin saya abdikan, untuk bekalku di akhir nanti.🙂

visi misinya:

VISI

Program Studi Magister Ilmu Ekonomi memiliki visi sebagai program studi yang mampu menciptakan tenaga yang unggul dalam ilmu pengetahuan serta mampu menguasai teknik dan teknologi modern, disamping itu juga mampu menjadi seorang yang memiliki jiwa seni dalam membangun daerahnya.

Hal ini sesuai dengan VISI-MISI UNSOED 2008 yang menyebutkan bahwa Universitas Jenderal Soedirman pada tahun 2008 yaitu “Memiliki Keunggulan IPTEKS yang Relevan Bagi Pengembangan Wilayah Pedesaan Secara Berkelanjutan”. Hal ini sejalan dengan visi Program Pascasarjana UNSOED yaitu pada tahun 2015 Program Pascasarjana menjadi lembaga yang unggul dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) untuk memanfaatkan sumberdaya indegeanous.

Berdasarkan visi tersebut, Program Pascasarjana Universitas Jenderal Soedirman dalam perencanaan strategisnya menetapkan misinya sebagai berikut :

Menyelenggarakan pendidikan pascasarjana untuk menghasilkan sumberdaya manusia berkualitas, memiliki keunggulan dan kemandirian dalam bidang pembangunan daerah, keuangan daerah, perencanaan pembangunan dan ekonomi Islam.

Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Visi Universitas Jenderal Soedirman dan Program Pascasarj Ilmu ana itulah yang digunakan sebagai landasan oleh Program Studi Magister Ekonomi dalam menetapkan visinya. Adapun visi program studi ini adalah :

“Unggul dalam ilmu, teknik dan atau seni pembangunan daerah”.

MISI

Misi program studi merupakan hasil penjabaran visi program studi dalam bentuk rumusan tugas, kewajiban dan rancangan tindakan yang jelas serta spesifik:

Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan ilmu, teknik dan atau seni dalam bidang pembangunan daerah, keuangan daerah, perencanaan pembangunan dan ekonomi Islam
Menghasilkan produk penelitian yang dapat mendukung pelaksanaan pembangunan daerah, keuangan daerah, perencanaan pembangunan dan ekonomi Islam
Melayani masyarakat dan pemerintah daerah dalam pelaksanaan pembangunan daerah yang otonom.
—-

hmmm, siiip deh. sekarang saya punya tujuan yang pasti, langkahkupun kian pasti. Tapi yang jadi penghalang adalah konsentrasi kuliahku terbagi dua dengan aktifitas organisasiku, hehehe. Tapi saya tidak akan pernah menyesalinya🙂

Bismillahirahmanirahim !!! doakan saya, semuanya…😉

About nafi

Panggil saja Piul. :) Lahir 5 Juni 1992, di kota Tegal dari rahim seorang Ibu yang sangat cantik seperti bidadari, yang selalu dilindungi oleh seorang ayah yang hebat layaknya Malaikat dalam hidupku. Nafiul Mualimin sebagai nama dan doa yang mereka berikan padaku... Kata an-Nafi (asmaul husna - yang memberi manfaat) dan Mualim (orang mukmin yang berilmu). Menjadi orang yang bermanfaat dalam ilmu merupakan tujuan saya hidup didunia ini !

Posted on Januari 19, 2013, in Coffee Time, Engineering Life, Pendidikan and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: