Arti Perubahan Menurutku

Perubahan ? kalau kita mencoba menganalogikan lagi dengan hukum fisika, yaitu percepatan, percepatan adalah perubahan putaran/kecepatan terhadap satuan waktu. Kita diberi waktu oleh-Nya adalah 24 jam, semua manusia, setiap saat dan setiap waktu. Dulu tahun 1945 Indonesia Merdeka, dan ditahun yang sama Jepang di bombardir oleh pasukan sekutu, dan sekarang kita mempunyai teknologi dan Jepang sudah bisa membuat dan mengembangkan teknologi, padahal Allah swt memberikan waktu yang sama, untuk kita dan orang lain. Tapi kita tak bisa menghargai waktu, untuk mencapai suatu titik perubahan yang terbaik, walau tiada yang sempurna. Setiap waktu, pasti seseorang menggoreskan sebuah tinta pelajaran tentang kehidupan, menulisnya dilembaran putih kehiduopan, maka ada pepatah yang mengatakan bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik.

Tapi dari perubahan itu sendiri, ada hal yang disayangkan apabila kita berubah tidak apa adanya, perubahan yang tak seharusnya dirubah. Tidak sesuai dengan apa yang diberikan oleh-Nya kepada kita. Seharusnya perubahan itu tidak lepas dari apa yang ada pada diri kita — sejak dulu kala (saat pertama kali kita dilahirkan) – sehingga tidak mungkin ada yang namanya operasi plastik lah, untuk merubah penampilan kita, yang mustinya kita syukuri. Padahal Allah swt menciptakan kita bersuku-suku, berbeda ! Dalam hal fisik, kemampuan, dan juga intelektualnya. Dari itu semua kita kembangkan dengan mengharapkan Ridha dari-Nya, tentu saja perubahan itu bukan untuk semata-mata untuk dunia yang fana ini. !! Saya akan memberikan permisalan yang bisa memberikan pemahaman yang lebih, apa itu arti perubahan.

Kalian tahu kan, apa itu Bola (bola untuk Sepakbola), apa bentuk bola, dan lain sebagainya. Dulu bola itu, bentuknya bundar, ya seperti bola. Lalu, waktu terus perputar, bolapun mengalami perubahan. ! kalian tahu, dari perubahan bertahun-tahun lamanya, dari dulu sampai sekarang bola itu bentuknya seperti apa ? TETAP bundar seperti dulu saat pertama kali ditemukan ! lalu apa yang berubah ? Yang berubah, bukan dari apa yang sudah menjadi kodratnya sudah jadi fitrahnya, bola tetap bundar, tidak mungkin berubah menjadi kotak atau segitiga atau apapun selain bundar. Yang berubah itu, keringanannya, kekuatannya, ketahanannya, bahannya, dan lain sebagainya. Itu baru yang namanya perubahan.

Itu juga berlaku untuk hidup kita, sehingga perubahan kita, tetap apa adanya. Tidak berubah bentuk badan (karena operasi), tidak berubah cara bicara, bahasa, dan lain sebagainya yang sudah ditakdirkan oleh Allah swt. Karena Allah swt menciptakan kita, itu berbeda-beda, perpasang-pasangan. Makanya jangan Latah ! Berubahlah, kita dalam menyingkapi waktu, menyingkapi kehidupan, menambah keimanan, menambah ilmu pengetahuan dan juga menjadi manusia yang berguna bagi orang lain.

Jadi, mari kita berubah menjadi lebih baik, tanpa meninggalkan sesuatu yang menjadi pembeda kita dari Allah SWT. Berubah dengan menjadi diri sendiri… J

Semoga, tulisanku ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua… Terimakasih😀

About nafi

Panggil saja Piul. :) Lahir 5 Juni 1992, di kota Tegal dari rahim seorang Ibu yang sangat cantik seperti bidadari, yang selalu dilindungi oleh seorang ayah yang hebat layaknya Malaikat dalam hidupku. Nafiul Mualimin sebagai nama dan doa yang mereka berikan padaku... Kata an-Nafi (asmaul husna - yang memberi manfaat) dan Mualim (orang mukmin yang berilmu). Menjadi orang yang bermanfaat dalam ilmu merupakan tujuan saya hidup didunia ini !

Posted on April 23, 2012, in Artikel, Islam, LifeStyle, Motivasi, Renungan, Writing and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: