Perkembangan Ekonomi Islam untuk Indonesia (2)

Oke saya akan melanjutkan tulisan dari Perkembangan Ekonomi Islam untuk Indonesia (1).

Dari ulasan sebelumnya, muncul juga satu hal yang  cukup melejit dikalangan dunia muslimyaitu dengan munculnya semangat ekonomi islam. Ekonomi Islam menjadi solusi bagi kaum musliminuntuk mengejar ketertinggalannya dengan bangsa-bangsa lain. Trend ekonomi Islam ini kemudian mulai membuat para akademisi dan praktisi muslim memikirkan cara-cara untuk bangkitnya ekonomi islam sebagai satu-satunya solusi perekonomian global saat ini yang sudah rapuh dan tua.

Perkembangan ekonomi islam di dunia mengalami sebuah peningkatan yang drastis sejak berkumpulnya negara-negara muslim yang tergabung dalam OKI di Jeddah pada tahun 1975. Ternyata, Ekonomi Islam tidak hanya diterima dinegara-negara OKI saja, tetapi juga negara-negara kapitalis AS, Inggris, Luxembrug, Singapura, dll. Pertimbangan akan kemajuan ekonomi islam ini didasari oleh banyaknya umat muslim didunia dan SDA yang melimpah ruah. Bagaimana umat muslim adalah umat nomor dua terbanyak didunia dengan jumlah sekitar 2.3 Milyar jiwa (PEW Research Centre’s Forum on Religion & Public Life. Mapping The Moeslim Population. October 2009).

untuk bisa mengetahui tentang anggota OKI, bisa mengunjungi disini.

Bagaimana dengan Indonesia ?

Negara Indonesia merupakan negara dengan mayoritas muslim yang dahulu (katanya) menjadi macan asia ini tak urung juga kecipratan dari manisnya buah perkembangan ekonomi islam. Memang benar bahwa Indonesia mendapat prediksi yang cantik dari World Bank dan MP3EI Kantor Menko Perekonomian bahwa Indonesia bakal menjadi negara Emerging Economy pada tahun 2025 nanti. Namun itu semua akan terealisasikan hanya jika Indonesia mampu dan sadar diri untuk memperbaiki segala potensi yang dimilikinya. Indonesia merupakan negara yang kaya dengan hasil alam seperti batu bara, minyak, gasa alam, emas, intan, dan masih banyak lagi. Indonesia merupakan negara dengan keadaan struktur geologi alam yang sangat potensial karena diapit oleh duna benua besar yaitu benua Asia dan benua Australia. Indonesia merupakan negara, dengan jumlah pantai terpanjang didunia yang menjadi arus transportasi perdagangan dunia dengan porosnya diselat malaka. Selain itu Indonesia juga memiliki SDM yang besar yang menduduki peringkat ke-5 dunia.

Indonesia juga memiliki pasar yang sangat atraktif. semua itu menjadikan Indonesia sebagai negara yang sangat berpeluang menjadi negara yang berpengaruh dikancah perekonomian dunia seperti China saat ini.

insyaAllah bersambung.

About nafi

Panggil saja Piul. :) Lahir 5 Juni 1992, di kota Tegal dari rahim seorang Ibu yang sangat cantik seperti bidadari, yang selalu dilindungi oleh seorang ayah yang hebat layaknya Malaikat dalam hidupku. Nafiul Mualimin sebagai nama dan doa yang mereka berikan padaku... Kata an-Nafi (asmaul husna - yang memberi manfaat) dan Mualim (orang mukmin yang berilmu). Menjadi orang yang bermanfaat dalam ilmu merupakan tujuan saya hidup didunia ini !

Posted on Januari 13, 2012, in Artikel, Ekonomi, Islam, Writing and tagged , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. ekonomi islam yang mensejahterakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: