Naiknya Alokasi APBN 2013 untuk daerah !

Belanja Negara

Desentralisasi pemerintahan kepada daerah-daerah di Indonesia salah satu tujuannya adalah untuk mempercepat dan meningkatkan pertumbuhan disetiap daerah agar lebih efektif dan efisien. Itupun ditunjukan pemerintahan Indonesia pada APBN 2013, alokasi APBN pada tahun 2013 itu naik 10,4 persen dari APBN yang dialokasikan kepada daerah tahun 2012.

Setelah saya membaca majalah tempo akhir desember, disana memberikan gambaran yang jelas tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2013, dimana belanja negara mencapai Rp 1.63,0 T. Angka tersebut naik sebesar 8,7 persen dari APBN tahun ini. Hal itu disebutkan untuk :

1. Merangsang pertumbuhan ekonomi melalui percepatan pembangunan infrastruktur

2. Pemberdayaan masyarakat berpenghasilan rendah

3. Perluasan lapangan kerja produktif

4. Pemerataan pembangunan dan bantuan bagi masyarakat miskin untuk memenuhi kebutuhan energi. (Majalah TEMPO/Edisi 24-30 Desember 2012)

Alokasi yang di transfer ke daerah sebesar Rp 528,6 T. Tentu ini jumlah yang besar–31,4 persen dari total belanja negara tahun 2013 nanti. Ini menjadikan peningkatan yang signifikan untuk pemerintah daerah agar merealisasikan yang diharapkan dari peningkatan jumlah anggaran tersebut.

Tidak terkecuali di Kabupaten Brebes tempat saya dibesarkan, dengan besarnya biaya yang digelontorkan kepada daerah harus sejalan dengan peningkatan pembangunan infrastruktur daerah dan pelayanan masyarakat.

Terlepas dari semakin hangatnya pemekaran Brebes Selatan untuk memisahkan diri menjadi Daerah Otonomi Baru dengan Bumiayu menjadi Kabupaten. Saya mengharapkan Pemerintah Kabupaten Brebes meningkatkan mutu pelayanan yang digelontorkan kedaerah Selatan dari Kabupaten Brebes, entah itu untuk Infrastruktur jalan (yang sudah sangat rusak!), pelayanan masyarakat, pemberdayaan sumber daya alam dan lain sebagainya.

Jangan sampai karena Brebes Selatan ingin menjadi DOB, maka pemerintah Brebes masih betah menggelontorkan sebelah tangannya untuk membangun Brebes Selatan menjadi lebih baik lagi ! atau bahkan ini yang diharapkan oleh sebagian orang-orang Brebes Selatan, agar harapan pemekaran ini menjadi suatu kewajiban yang harus terealisasikan ? Saya harap itu hanya prasangkaan saya saja yang masih bodoh, dan semoga saya tidak dilarang untuk menyuarakan suara ini, suara dari dalam goa ! yang penuh dengan lumut kebosanan !!

About these ads

About Karida

Panggil saja Piul. :) Lahir 5 Juni 1992, di kota Tegal dari rahim seorang Ibu yang sangat cantik seperti bidadari, yang selalu dilindungi oleh seorang ayah yang hebat layaknya Malaikat dalam hidupku. Nafiul Mualimin sebagai nama dan doa yang mereka berikan padaku... Kata an-Nafi (asmaul husna - yang memberi manfaat) dan Mualim (orang mukmin yang berilmu). Menjadi orang yang bermanfaat dalam ilmu merupakan tujuan saya hidup didunia ini !

Posted on Desember 29, 2012, in Artikel, Berita, Ekonomi, Jurnalistik, Writing and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: