Kontrovesi Lagu Bruno Mars – It Will Rain

Sebenarnya saya tidak pernah memperdulikan arti dari lirik lagu-lagu barat yang sering saya dengarkan. Ya bisa diartikan karena saya nggak tau bahasa Inggris ataupun karena saya malas, hanya menikmati irama, dan alunan musiknya, karena bisa dibilang saya menyukai genre hip-hop ataupun rap.

Sayapun kaget saat membaca artikel dari salah satu website, yaitu eramuslim.com. “Lagu ‘It Will Rain” Bruno Mars Kampanyekan Ateisme”.

Berikut isi beritanya :

Siapa tidak kenal Bruno Mars? Namanya begitu tersohor di jagad hiburan Indonesia. Terakhir ia menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (5/4/2011) dan dipadati sekitar 6.500 penonton. Kala itu seuruh tiket pun habis digondol massa. Saat memasuki arena konser mereka pun rela antri untuk bisa menonton penampilan sang idola. Karenanya, tak heran, Bruno meninggalkan Jakarta dengan senyum manis di bibirnya. Ia sangat puas dengan konser serta animo penonton Jakarta dan berjanji akan kembali ke Ibukota.

Terlahir pada tanggal 8 Oktober 1985, penyanyi Pop, Hip-Hop, Soul, R&B ini mulai terkenal saat berduet dengan B.o.B dalam lagu “Nothin’ On You” dan kemudian sukses merilis singlenya “Just The Way You Are”. Darah music Bruno memang diwarisi Ayahnya, Pete, seorang New Yorker, yang juga pemain perkusi. Sedangkan Ibunya, Bernie, adalah wanita berdarah Filipina keturunan “Puerto Rico”, yang terkenal sebagai seorang penari hula.

Namun sapa nyana dibalik popularitasnya, ada beberapa hal yang patut dicermati dari lirik lagunya, it will rain. Dalam lagu tersebut, entah sadar atau tidak, Bruno seakan tengah mengkampanyekan ajaran ateisme yang memang menjamur di Negara asalnya Amerika Serikat. Lirik yang bermasalah itu adalah, There’s no religion that could save me, tidak ada agama yang bisa menyelamatkan aku. No matter how long my knees are on the floor, Tidak peduli berapa lama aku berlutut di lantai.

It will rain mulai rilis di pasaran Amerika pada 22 September tahun 2011. Lagu ini pun kemudian didapuk menjadi soundtrack film The Twilight Saga: Breaking Dawn Part I. Sebuah Film Fantasi romantic hasil arahan Bill Condon yang didasarkan pada novel Breaking Dawn karangan Stephenie Meyer. Sama dengan Bruno Mars, film ini pun juga banyak menyedot perhatian baik remaja maupun pecinta film di Indonesia.

Lagu it will rain berkisah tentang seorang pria yang ditinggalkan oleh kekasihnya. Dalam lagu tersebut, dikisahkan sang pria tidak bisa hidup tanpa sang kekasih. Segala daya dan upaya telah ia lakukan, namun ditinggalkan sang kekasih adalah hal menyakitkan. Cause there’ll be no sunlight if I lose you, baby. There’ll be no clear skies if I lose you, baby. Karena tidak akan akan ada sinar matahari. Jika aku kehilangan dirimu, sayang. Tidak akan ada langit yang cerah. Jika aku kehilangan dirimu, sayang.

Lagu It Will Rain memang khas moto kaum humanis bahwa manusia lebih tinggi daripada Tuhan. Kita tentu tidak lupa, John Lennon juga pernah mengeluarkan lirik hampir serupa, Imagine. Bedanya, Lennon menuding agama sebagai biang pertikaian manusia.

Mars lebih melankolis. Karena baginya perempuan harus lebih dihormati daripada agama. Tuhan belum tentu bisa menyelamatkan jiwanya, tapi wanita adalah sumbu cinta dalam hati tiap pria. Kini lagu It Will rain banyak diunduh para pencinta musik di Indonesia. Tanpa sadar mereka sudah mendaulat diri bahwa perempuan, kekasih, bahkan cinta lebih tinggi dari Tuhan.There’s no religion that could save me.. No matter how long my knees are on the floor. (Muhammad Pizaro Novelan Tauhidi)

Setelah membacanyapun sekarang saya paham, kenapa lagu dari akang Bruno Mars ini, menjadi kontroversi. Berikut liriknya :

If you ever leave me, baby
Leave some morphine at my door
‘Cause it would take a whole lot of medication
To realize what we used to have
We don’t have it anymore

There’s no religion that could save me
No matter how long my knees are on the floor
So keep in mind all the sacrifices I’m makin’
Will keep you by my side
And keep you from walkin’ out the door

Cause there’ll be no sunlight
If I lose you, baby
There’ll be no clear skies
If I lose you, baby
Just like the clouds
My eyes will do the same if you walk away
Everyday, it’ll rain, rain, rain

I’ll never be your mother’s favorite
Your daddy can’t even look me in the eye
Oooo if I was in their shoes, I’d be doin’ the same thing
Sayin’ there goes my little girl
Walkin’ with that troublesome guy

But they’re just afraid of something they can’t understand
Oooo but little darlin’ watch me change their minds
Yea for you I’ll try I’ll try I’ll try I’ll try
I’ll pick up these broken pieces ’til I’m bleeding
If that’ll make you mine

Cause there’ll be no sunlight
If I lose you, baby
There’ll be no clear skies
If I lose you, baby
Just like the clouds
My eyes will do the same if you walk away
Everyday, it will rain, rain, rain

Oh don’t just say, goodbye
Don’t just say, goodbye
I’ll pick up these broken pieces ’til I’m bleeding
If that’ll make it right

Cause there’ll be no sunlight
If I lose you, baby
And there’ll be no clear skies
If I lose you, baby
And just like the clouds
My eyes will do the same if you walk away
Everyday, it’ll rain, rain, rain

 

Lagu ini menjadi soundtrack Twilight saga L Breaking Down Part 1 (yang saya juga, menyukai novel twilight dari dulu), dan video yang sudah ada di youtube.com bahkan sudah dilihat sebanyak 44.530.000 sudah banyak sekali, orang yang menyaksikkan video kli itu… waawwww…

 

About these ads

About Karida

Panggil saja Piul. :) Lahir 5 Juni 1992, di kota Tegal dari rahim seorang Ibu yang sangat cantik seperti bidadari, yang selalu dilindungi oleh seorang ayah yang hebat layaknya Malaikat dalam hidupku. Nafiul Mualimin sebagai nama dan doa yang mereka berikan padaku... Kata an-Nafi (asmaul husna - yang memberi manfaat) dan Mualim (orang mukmin yang berilmu). Menjadi orang yang bermanfaat dalam ilmu merupakan tujuan saya hidup didunia ini !

Posted on Januari 14, 2012, in Artikel, Islam, Writing and tagged , , , . Bookmark the permalink. 19 Komentar.

  1. Seharusnya memang setiap lirik lagu yang diciptakan oleh penyanyi itu dipahami terlebih dahulu, tidak perlu dijiwai, hanya dipahami. karena memang bukan salah mereka yang menyanyikan, keliru pendengar yang biasanya ambil mentah-mentah. Bahkan ini bukan berlaku untuk lagu-lagu barat (berbahasa inggris) saja, pun untuk semua lagu yang belum bisa kita pahami arti tiap kata/kalimatnya.

  2. betul um…
    klw ada pepatah, mulutmu harimaumu, begitupula lirik sebuah lagu…
    jadi, yaaaa.. hati2 dlm berkata… :D
    salam kenal…

  3. sebenernya gk hanya lirik lagu dari bruno mars atau john lennon aja yg bernuansa atheis, lgu” dr indonesia sndri bnyak jg yg bernuansa atheis. melebih”kn cinta, tdk bsa hdup tnp kekasihnya atau dia bkan apa” tnpa kekasihnya. banyak buanget tuh yg kyk gtu…cma aja mereka” bhasanya msh dblang halus gk sperti bruno mars lngsng pd tujuannya. jd gk usa menjudge bruno lah…soalnya d indonesia jg gk kurang yg kyk gtu, qtnya aja yg blom menyadarinya… ^_^

  4. Mungkin itu hanya kata kiasan, bisa saja kata kata itu bukan mngandung makna yg seperti itu, tapi gatau lagi yaaa hihihi :D

  5. Yahhh..gmn y..biz lgu’y kyen bgd se..bkin melting gitu..
    ..

  6. baca lirik itu baik2x,,,,,,,sikatakan bahwa jika
    If you ever leave me, baby
    Leave some morphine at my door
    ‘Cause it would take a whole lot of medication
    To realize what we used to have
    We don’t have it anymore

    There’s no religion that could save me
    jika wanita itu pergi selamanya dari dia……tak ada agama yang bisa menyelamatkannya,,,bukan tidak ada agama……….itu hanya penggalauan

  7. saking galaunya makanya sampai segitunya,,, lagu2 bruno emang banyak cinta2annya…. dan bukan hanya bruno, penyair juga besar karena mampu meng-hiperbola-kan kata2,,,, menurutku emang di lagu itu, bruno pengen kasih tau, kalau di tinggal cwe tuh rasanya sakit banged sampai putus asa g ada yang bisa membawanya dari rasa sakit ntu. but, bruno u so amazing,,,,like u.

  8. Great article! This is the kind of information that are supposed to
    be shared around the net. Disgrace on Google for now not positioning this publish
    higher! Come on over and talk over with my website
    . Thanks =)

  9. Halo bro. Sekedar memberi tau. Pandangan tiap agama berbeda. Jadi jangan disamakan dengan ajaran muslim ya sob. Karena muslim dengan Protestant itu sangat jauh berbeda. Trima kasih

  10. raden mas maulana

    hmmmmm ,paraaah tuuuh ,tp asiiiik juga siiiih lagunya keren dan berkontroversi :)
    kereeeeen untuuk bang bruno …

  11. I am Sorry Bruno Mars.. Kali Ini Zy Tdk Ztju dngn Ap Yg kau Ktkn Bahwa Cinta lebih Tinggi daripda Tuhan ? …. Oo My Good itu Zlh Bzr Menrut Zy Memang Cinta Itu Tinggi , Tpi yg Membuat Cinta Itu tinggi and Ad Adlah Tuhan .. , Tuhan Yg Menciptkn Manuzia untuk Zlng Mencintai … Dri Ztu Lah sebuah Cinta Itu D Ciptakan and ada….?
    Tankz Tuhan …. , Kau Yg Menciptkn Cinta yg Bgtu Luar Biasa Kdp Kita.

  12. tapi ketika di bawakan fatin

    morphine menjadi rocks ? , religion menjadi one else ?

    Fatin memang foyah.. Haha

  13. As a business owner, it is being my most unflavored job interviewee.
    Although he received many rejections for his first novel, A Time to Kill,
    Grisham went on to write down such bestsellers as The Firm, The Chamber, The Client and The
    Runaway Jury. Things like Kristen”.

  14. sorry ya, sekedar berpendapat aja nih..
    maksud dari kata ” there’s no religion that could save me” an bla bla bla nya itu ga bisa disebut ateisme juga lho..
    kalo dari sudut pandang twilight itu tuh kaya nyeritain jacob yang lagi patah hati karena ditinggalin bella dan akibat dari itu dia merasa frustasi seolah – olah ga ada obat yang bisa menyembuhkan dia meskipun dia memohon pada Tuhan..
    Gitu aja sih menurut gua..

  15. yg jelas pandangan setiap 0rg punya pandangan brbeda” ttg lgu ini , tp ada baik’a qita menghindari sesuatu yg ‘eaach’ munxin akan menjerumuskan ,,, t0h maci byak ko lgu” yg lbih indah , lbih ni’mat didengar , bhkan mxin lbih menyentuh hati anda nd yg pasti lbih membwa manfaat yg baik ,,,

  16. lagu ini kan buat film yang tak mengenal agama ! jadi wajar aja donk ! lihatlah sesuatu dari kaca mata terindahmu !

  1. Ping-balik: Bruno Mars, Antara Puitis dan Atheis? « Catatan Kecil Dani Nugroho

  2. Ping-balik: Kontrovensi Lagu Bruno Mars | umikulsum18

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: